Meningkatkan Kualitas Shalat dengan Memahami Hikmah Isra' Mi'raj

...

01 March 2024

Rabu, 07/11/2024 bertepatan dengan bulan dimana Rasulullah mengalami peristiwa penting dalam hidupnya dan untuk semua umat muslim dimana Rasulullah diperjalanan oleh Allah SWT dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dan dilanjutkan menuju langit ke tujuh yakni Sidratul Muntaha. Perjalanan yang disebut dengan Isra' Mi'raj ini puncaknya adalah pertemuan Rasulullah dengan Allah SWT untuk mendapatkan perintah shalat lima waktu bagi seluruh umat muslim.

Isra' Mi'raj menjadi perjalanan yang menghibur hati Rasulullah, karena di tahun itu adalah tahun duka bagi Rasulullah disebabkan 3 peristiwa yang menyedihkan yaitu pertama, pamannya Abu Thalib meninggal dunia. Kedua, tiga hari setelah itu, meninggal dunia pula istrinya, Khadijah. Ketiga, nabi diejek, disoraki dan dilempar batu, bahkan sampai terluka di bagian kepala dan badannya saat berdakwah di Thaif. Sementara bagi umat muslim, pada saat itu peristiwa Isra' Mi'raj menjadi ujian pembuktian keimanan. Peristiwa yang hanya dapat diyakini dengan iman yang kuat. Bagi orang-orang munafik, tidak akan mempercayai apa yang telah dialami oleh Rasulullah.

Shalat adalah ibadah yang utama dan istimewa dalam Islam. Shalat merupakan tiang pokok dan ibadah pertama yang akan dimintai pertanggungjawabannya. Melalui shalat, seorang hamba bisa bermunajat dan berdialog dengan Allah SWT. Bila shalat dilaksanakan dengan khusyu' maka akan memberikan pengaruh positif terhadap diri seseorang. Shalat mengajarkan banyak hal mulai dari kedisiplinan waktu, teratur, mencegah perbuatan buruk dan memupuk persatuan. Oleh sebab itu, perjalanan Isra' Mi'raj dapat menjadi motivasi bagi umat Islam agar lebih baik lagi dalam menjalankan ibadah shalat.

Pelajaran di atas disampaikan oleh peserta didik kelas 6 yang diwakili oleh tim syarhil Quran, Umar Fathan Muhammad, Brilian Syamil dan M. Fariz Febrian Maulana dalam peringatan Isra' Mi'raj 1445 H yang disaksikan oleh seluruh peserta didik dan majelis guru SD Juara Pekanbaru.