Asyiknya Memperagakan Permainan Tradisional Tam Tam Buku Bagi Peserta Didik SD Juara Pekanbaru Kontributor : Abd. Mutolib, S.Psi

...

06 March 2023

Pekanbaru (Riau) Selasa (21/02/2023) Permainan tradisional Tam-tam buku ini merupakan permainan tradisional dengan nyayian. Permainan Tam-tam buku adalah
permainan tradisional yang serupa dengan permainan ular naga, yang mana dua orang membuat terowongan dan yang lain membuat barisan panjang. Permaianan ini melibatkan beberapa orang. Perlu kita ketahui bersama, permainan tradisional dengan nayian ini merupakan materi ajar Budaya Melayu Riau (BMR) pada semester genap kelas 1 SD Juara Pekanbaru.

Dalam permainan tam-tam buku ini, ada dua orang membuat terowongan (kedua tangan saling bertemu) Si A sebagai matahari dan Si B sebagai bulan.
Salah seorang memimpin barisan. Bentuk barisan adalah memanjang ke belakang. Masing-masing berpegangan pada baju bagian belakang dari teman yang ada di depannya.
Barisan ini berjalan-jalan dengan cepat sambil berkeliling mengitari A dan B sambil menyanyikan lagu "Tam tam buku, seleret tiang bahu, patah lembing, patah paku, anak belakang tangkap satu , bunyi lonceng pukul satu...”

Setelah  lama berkeliling masuklah pemimpin barisan ke terowongan. A dan B harus menahan/menculik satu dari anggota barisan ketika diakhir lagu, lalu menanyakan ," kamu jadi matahari atau bulan?". Apabila ia memilih menjadi matahari ia harus berdiri di belakang A, dan sebaliknya jika ia memilih menjadi bulan ia harus berdiri di belakang B.
Kemudian ,barisan terus berkeliling dengan cepat sambil menyanyikan lagu. Pada putaran kedua , barisan harus masuk ke terowongan. Anggota barisan di akhir lagu harus ditahan oleh sih A dan si B. Kemudian ditanya lagi , apakah menjadi matahari atau bulan.
Demikian seterusnya sampai barisan habis.

#SDJuaraPekanbaru
#SmartQur'anicSchool
#RilisFebruari2023
#IJF
#AsyiknyaMemperagakan  #PermainanTradisional
#TamtamBuku